Friday, September 7, 2007

Some Ways To Prevent Global Warming!





Choose Flat Screen Monitor dibandingkan monitor tabung, karena lebih hemat energi dan gak bikin mata cepet capek.

Change The light bulbs into the fluorescent bulbs, yang bentuknya spiral itu loh.

If you do this untuk seluruh bagian rumah, banyak banget energi yang bisa dihemat.

Daripada membeli mobil besar yang borosnya minta ampun, mendingan pilih city car yang hemat bensin. Selain bisa mengurangi pencemaran, mobil yang irit juga akan menghemat konsumsi bbm dunia, dan menghemat uang.

The less packaging is the better. Mulai sekarang, kalau beli-beli sesuatu perhatiin kemasannya deh. Kira-kira akan jadi sampah berapa banyak? Mungkin nggak akan mempengaruhi keputusan kamu untuk membeli barang tersebut sih, kecuali kalau ada alternative nya. Betul gak?

Sering ngelaundry baju dibinatu? Sebaiknya tolak plastik pembungkusnya! Atau khusus pesanan kamu, minta dimasukin ke kantong yang bisa digunakan berulang-ulang dan satu kantong diisi oleh beberapa baju.

Gunakan energi solar untuk keperluan air panas di rumah. Dia hanya mengeluarkan sedikit banget gas rumah kaca jika dibandingkan dengan pemanas air elektrik.

Sediakan tong sampah mini dimobil. Ini mencegah kamu buang sampah sembarangan di jalan yang bisa menyebabkan pencemaran yang lebih parah.

Atur temperatur AC kamu nggak terlalu dingin. Kalau malem, pakai sellimut yang tipis aja supaya setingan AC nggak perlu mencapai angka belasan. Pastiin juga jendela-jendela kamu gak ada yang “bocor“. Naikin 2 derajad temperatu aja udah menghemat 900 kg CO2 dalam satu tahun!

Always look for this recycle logo setiap membeli barang. Produk yang kemasannya mencantumkan logo ini, begitu dibuang nggak akan menjadi sampah menumpuk yang gak boleh dibakar dan nggak gampang terurai.

Persiapkan diri untuk energi alternative biofuel. Bahan bakar ramah lingkungan yang juga akan menjadi soludi krisis bbm. Let’s switch to biofuel!.

Kurangi menerima brosur, katalog, flyer, dsb. Kalau lagi jalan-jalan di mal trus ditawarin kertas-kertas semacam ini, jangan diambil untuk kemudian dibuang di tong sampah depan. Kalau kasihan sama sales yang nawarin, berhenti sebentar untuk baca, lalu kembalikan flyer tersebut. Nggak usah takut dibilang aneh, this is a green era y’all!!

Belum punya mobil hybrid, belum pakai biofuel, pastikan mobil kamu dalam kondisi terbaiknya sehingga nggak boros bensin. Ban yang kurang angina aja bisa boros CO2 sampai 100 kg/ tahun lho!

Gunakan rechargeable battery. Tahu sendiri kan gimana borosnya benda kecil ini? Disarankan beli yang agak mahal sekalian tapi awet.

Konsumsi produk organic. Why? Karena proses pembuatan nya menggunakan less and less of energy. Nggak menggunakan bahan kimia aja, artinya udah ngurangin penggunaan energi untuk produksi bahan kimia tersebut, ya kan?!

Irit tissue! karena, sama kayak kertas, tissue adalah produk hasil hutan. Sebaiknya batasi pemakaian tissue 1-2 potong aja untuk sekali pakai. Usahakan nggak menarik gulungannya kenceng-kenceng ya…

Tunjukan keperdulianmu dengan selalu membawa cloth bag dari kain sebagai pengganti kantong plastic. Cuekin orang-orang yang bilang kamu aneh. They just don’t understand yet, how the real situation is.

Sebisa mungkin beli kebutuhan sehari-hari yang diprosuksi secara lokal. Ini mengurangi bahan baker dan emisi untuk transportasi barang-barang tersebut.

Don’t let the little red light on. Mematikan alat satu saja elektronik secara tuntas bisa menghemat 450 kg CO2 melayang ke udara setiap tahunnya.

Finish your food! Sisa makanan merupakan salah satu sumber sampah yang besar.

Punya banyak sepatu, baju, dan celana yang udah gak dipake? Jangan dibuang. Mending disumbangin ke orang lain atau dimodif supaya lebih up to date.

Cari logo “Energy Star” saat ingin membeli berbagai alat-alat kebutuhan rumah. Mulai dari lampu sampai computer dan mesin cuci,
pasti ada yang menggunakan logo “Energy Star” yang artinya hemat energy.
Di tahun 2004 aja, produk Energy Star berhasil menghemat energy yang jumlahnya cukup untuk mensuplay 24 juta rumah di Amerika.

Lagi pengen make over kamar dan mengganti warna cat tembok, pastikan kamu pilih cat yang terbuat dari latex daripada yang berbahan dasar minyak. Pasalnya, cat latex mengeluarkan lebih sedikit gas dalam proses pengeringannya.

Buka diri untuk sumber-sumber energi baru. Di beberapa negara lain, udah ada perusahaan yang menyediakan energi dari tenaga angin dan matahari yang dapat diperbaharui. Siapa tahu PLN mau melakukan pengembangan ini?!

Own a bike! Transportasi paling ramah lingkungan dan bikin sehat. Lumayan buat si mbak kewarung atau mini market, suapaya nggak dikit-dikit naek ojeg atau bajaj.

Gunakan power strip yang ada switch on/off nya dikamar kamu. Jadi kalau kamu mau pergi, tinggal klik, dan semua aliran listrik akan berhenti. Praktis.

Tanam pohon dihalaman rumah. Pada masa-masa awal, tunas pohon memang perlu perawatan yang cukup, tapi kalau udah tumbuh dan berbuah, manfaatnya kan banyak banget, oh iya, pakai pupuk alami ya, supaya rambutan kamu jadi tumbuhan organik!

Berlama-lama menggosok badan dikamar mandi sih boleh aja. Tapi airnya jangan dinyalain. Selalu inget irit air saat mandi dan menggosok gigi. Kalau pakai air panas juga set temperature sebatas gak dingin aja. Ngaruhnya sama kayak AC.

Jangan memakai produk sekali pakai atau disposable, kecuali di saat-saat mepet. Apalagi kalau produknya gak recyclable. Karena itu akan menimbun sampah lebih banyak mengingan masa pemakaiannya yang sangan singkat.

Choose walk! Kalau untuk jarak 100-200 meter aja sih, kia-kta yang masih muda ini sebaiknya jalan kaki. Kalau budaya jalan kaki udah bagus, pasi kota besar nggak akan sesumpek dan semacet sekarang ini!

Batasi pembelian kertas. Lebih oke kalau kertas yang kamu beli itu 100% recyled paper.

Rumah kamu termasuk pengguna mesin cuci? Kalau nggak menggunakan fitur pengeringnya, bisa hemat CO2 sampai 300kg/ tahun lho.

Beli barang- barang yang emang kamu mau dan perlu. Jangan suka tergoda karena kelucuannya,begitu sampe rumah Cuma jadi sampah. Bisa hemat uang juga kan?!

Ayo jadi pelopor! Matikan lampu kelas setiap kali istrahat, pelajaran olah raga, dan pulang sekolah. Menurut sebuah survey di Amerika, kalau 10.000 sekolah mematikan lampu mereka selama 1 menit aja, udah menghemat 720 miliar rupiah! Gimana kalo lebih dari satu menit tuh... ck ck...

Manual first! Pilih rautan, cukuran, dan alat-alat lain yang manual daripada elektrik. Emang sih listriknya kecil, tapi kalau pake yang manual nggak terlalu repot lebih baik menghemat kan?!

Kumpulin semua kertas bekas yang ada di rumah, bawa ke tukang fotocopy untuk dipotong dan dijilid. Jang lupa bikin cover yang menarik. Yang namanya notebook pasti kepake kok!

Benda elektronik yang bernama ‘Savaplug’ berguna untuk mengurangi pasokan listrik bagi kulkas kamu sampai 20%. Ini lumayan, mengingat kulkas adalah salah satu sumber penyerap listrik yang biasanya menyala 24 jam.

Kurangi mengkonsumsi frozen food karena pembuatannya membutuhkan energy 10 kali lipat lebih besar dari makanan biasa.
Setiap beli air mineral, jangan buang botolnya. Bawa pulang. Lain kali mau pergi, bawa botol tai yang udah diisi ulang. Jadi gak perlu beli dijalan lagi.

Malem-malem pengen teh anget, seduh air sebanyak isi cangkir teh kamu aja. Jangan sampai berlebihan. Selain hemat listrik, hemat air, hemat waktu juga kan.

Support produk-produk dengan label ‘eco-friendly’. Contohnya jeans terbaru Levis, Levi’s (Capital E) Eco Collection yang terbuat dari kapas organic.

Gas emisi pesawat terbang ternyata merupakan perusak iklim nomer satu lho! Maka itu, kurangi “Jam Terbang”. Kalau mau berlibur bareng keluarga atau teman, ajak mereka menggunakan kendaraan alternative kendaraan umum lainnya, seperti kereta api. Kecuali kalu jaraknya memang sangat jauh.

Jadilah konsumen yang mendukung para produsen supaya lebih eco-friendly. Contohnya dengan membeli mobil hybrid. Jenisnya sekarang udah banyak kok. Ada Toyota Camry, Honda Civic, Honda Accord, Lexus, Ford Excape, dll. Mobil hybrid ini sangat irit bensin karena mengkombinasikan energi operasinya dengan lisrik. Jadi gas emisi yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

Slah satu gas yang banyak terkandung dalam rumah kaca adalah Methan. Dan ternyata, gas ini keluarkan secara alami oleh sapi dalam setiap nafasnya. That’s why, kita harus mengurangi konsumsi sapi.

Dapet plastik-plastik dari berbagai produk yang kamu beli, jangan dibuang. Simpan dulu karena nantinya pasti berguna untuk wadah sesuatu.

Tahun 2005 lalu, 21.000 ton sampah yang ada di Amerika adalah catridge printer. Jadi, sekarang saatnya beli recycled catridge yang kualitasnya bagus dan tentunya nggak ngerusak printer.

Jangan bosen-bosen ngingetin orang untuk bertindak “hijau“. Speard the word, speard the knowlege, supaya semua orang disekeliling kamu lebih aware sama isu lingkungan hidup.

Jangan malas buat bertindak, meskipun untuk hal-hal yang kelihatannya ‘kecil’. Sekali lagi, apa yang kamu lakukan itu ngaruh banget. Cuma ada dua, kalo kita nggak perduli, berarti kita lagi ngerusak.


Join dengan salah satu organisasi lingkungan hidup yang aktif menjalankan kegiatannya. Dengan begini, kita jadi gak ngerasa berjuang menyelamatkan bumi sendirian (gara-gara melihat orang disekitar yang mungkin kurang perduli). Selain itu, tenaga kita juga pasti akan bermanfaat banget untuk menjalankan misi-misi mereka.


Gogirl! Magz 30

Do You Have Any More Idea?

1 comment:

Anonymous said...

ada tambahan sedikit info nih...
Sebaiknya kita juga kurangin pergi ke salon cuman buat blow rambut, bounding, dsb. Apalagi bagi cewek2 yang suka berpenampilan bagus, bisa makin parah tuh kalo ndak diingetin.